Perbedaan kata 适合 (shi he) dan 合适 (he shi) Dalam Bahasa Mandarin

suara mandarin
By -
0





 Terlebih dahulu, kita pahami arti dari kedua kata ini.

 Arti kata 适合 dan 合适 adalah sesuai atau cocok.


Kedua kata tersebut memiliki arti yang sama, dan juga sama-sama menunjukkan sebuah kondisi yang nyata, atau sesuatu yang sesuai dengan keinginan.


Baca Juga: Perbedaan Kata Mei (没) dan Bu (不) Dalam Bahasa Mandarin


Namun terdapat perbedaan yang sangat luas dalam cara penggunaanya.


1.       合适 adalah kata sifat ( 形容词) sedangkan 适合 adalah kata kerja(动词)


       Di depan kata 合适 bisa ditambahkan kata keterangan tingkat/level, misalkan 适合/非常适合(sangat cocok),  sedangkan di depan kata 适合 tidak boleh ditambahkan kata keterangan , tidak boleh ditulis 很适合 (ini adalah penggunaan yang salah).


       合适 bisa menjadi kata atributif (kata yang  berfungsi untuk menjelaskan atau memperjelas sebuah kalimat agar lebih spesifik), misalkan 合适的工作 ( pekerjaan yang sesuai), 合适的机会 ( kesempatan yang pasti).


  适合 tidak bisa menjadi kata atributif, tidak boleh dikatakan 适合的工作 atau 适合的机会 (ini adalah penggunaan yang keliru)


       Kedua kata ini bisa menjadi Predikat. Misalkan 这种工作对她很合适 ( pekerjaan ini sangat cocok untuknya)  , 这种衣服适合你的体形( baju ini cocok dengan bentuk tubuh kamu)


      合适 setelah menjadi predikat, dibelakangnya tidak boleh ditambahkan objek (tidak ada kata lain dibelakang 合适),  sedangkan 适合 setelah menjadi predikat, harus ada kata atau objek yang mengikutinya. (masih ada kata lain setelah 适合)


Demikian penjelasan sederhana tentang kata 合适  dan 适合 , kalau masih bingung, cara terbaiknya adalah dibaca dan dipahami berulang-ulang kali.


 

 

Tags:

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)